• Home Home
  • Buku Tamu
  • Kontak
  • Fb
  • Download Theme Blogger
  • Versi Mobile

:D

THIS BLOG HAS BEEN HACKED :D


#YOSH24


Thanks for Quest

I WIN


#HackerIndonesia

cara uninstal plugin blog wordpress

"fv aRhy" 21 Apr 2011

Adakalanya sebuah plugin yang sudah kita install di blog tidak bekerja sesuai dengan keinginan kita dan kita ingin mengapus plugin itu. Atau mungkin kita merasa sudah tidak memerlukan plugin tersebut sehingga perlu dilakukan uninstall plugin untuk menghemat space di hosting. Alasan yang terakhir mungkin karena kita telah menemukan sebuah plugin yang lebih baik dari plugin yang kita gunakan saat ini.
Untuk itu, berikut ini saya mencoba membuat tutorial sederhana dan singkat tentang cara menghapus atau uninstall plugin dari blog wordpress anda. Sebagai catatan, ini adalah untuk blog yang self hosted karena blog di wordpress.com tidak bisa ditambahkan plugin tertentu. Ada 2 cara untuk menghapus atau uninstall plugin, yaitu :
  • Menghapus atau uninstall plugin dari Dashboard
  • Menghapus atau uninstall plugin melalui File Manager di Cpanel
Saya lebih menyarankan untuk menghapus plugin dari Dashboard karena lebih mudah dan cepat, tetapi adakalanya sebuah plugin mengalami error sehingga tidak bisa dihapus dari Dashboard maka saat itu kita harus mengapusnya melalui File Manager di Cpanel.
Untuk menghapus plugin dari Dashboard, silahkan login ke Dashboard anda, kalau belum tahu caranya. Silahkan buka alamat blog anda dan tambahkan /wp-admin/ di belakangnya, misalnya http://namablog.com/wp-admin/. Lalu masukkan user dan password anda. Langkah selanjutnya silahkan buka menu Plugin di menu yang berderet ke bawah di bagian kiri Dashboard.

Anda akan masuk ke halaman Plugin. Silahkan lihat plugin mana yang ingin anda hapus. Jika plugin tersebut masih aktif, maka klik Deactive terlebih dahulu.

Jika plugin tersebut susah tidak aktif, barulah bisa dihapus, caranya silahkan klik Delete.

Anda akan ditanyakan sekali lagi apakah yakin untuk menghapus plugin tersebut. Kalau sudah yakin silahkan klik Yes, Delete these file.

Setelah itu plugin tersebut akan terhapus dari blog anda. Jika cara menghapus plugin dari Dashboard ini gagal, maka anda harus menghapus plugin tersebut melalui File Manager di Cpanel. Caranya :
  1. Silahkan masuk Cpanel lalu buka File Manager
  2. Lalu masuk ke direktori /public_html/wp-content/plugins
  3. Pilih folder sesuai nama plugin yang ingin anda hapus, lalu klik delete untuk menghapus folder tersebut.
Itulah cara menghapus atau uninstall plugin yang rencananya saya buat singkat, tetapi mohon maaf kalau jadi agak panjang. Jika ada yang kurang atau terlewatkan, silahkan tambahkan di form komentar di bawah ini.
**Tutorial sederhana, semoga ada gunanya..

1 comment

1/9/11

WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal plugins untuk plugins yang lainya bisa anad temukan pada Free Wordpress Plugins semua pluginsnya gratis

Posting Komentar

blogging tidak ubahnya dunia offline, banyak hal yang harus anda pahami. jangan menerima suatu informasi dengan apa adanya. blogger yang maju selalu kritis terhadap apapun,,,salah satu caranya dengan berkomentar..