• Home Home
  • Buku Tamu
  • Kontak
  • Fb
  • Download Theme Blogger
  • Versi Mobile

:D

THIS BLOG HAS BEEN HACKED :D


#YOSH24


Thanks for Quest

I WIN


#HackerIndonesia

Cara settig awal di blog wordpress

"fv aRhy" 21 Apr 2011

Blog sudah jadi, langkah selanjutnya? Tulisan ini bagi blogger pemula (benar-benar pertama kali membuat blog) yang menggunakan wordpress sebagai blog engine (self hosted) atau pun yang numpang ngeblog di wordpress.com. Setelah selesai membuat blog (blog sudah aktif), mungkin anda masih bingung dengan apa yang harus dilakukan. Apakah langsung blogwalking, atau menulis post atau malah bingung kelamaan memilih theme?
Sebelum mulai melakukan berbagai kegiatan ngeblog tersebut, ada baiknya anda melakukan setting awal untuk blog anda. Berikut ini cara dan langkah setting awal yang sebaiknya dilakukan setelah blog wordpress anda aktif.
Caranya, buka Dashboard, misalnya http://namablog.com/wp-admin atau untuk yang wordpress.com misalnya http://namablog.wordpress.com/wp-admin lalu masukkan user dan password anda hingga berhasil masuk ke Dashboard. Kemudian buka menu Setting (biasanya terdapat pada bagian paling kiri bawah). Secara default akan terdapat beberapa sub menu seperti General, Writing, Reading, Discussion dan seterusnya.
General Setting
Buka menu General Setting, pada bagian ini yang sebaiknya anda setting (ubah) adalah Blog Tittle dan Tagline. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan :
  1. Blog Tittle sebaiknya merupakan cerminan dari isi blog atau bisa juga disamakan dengan nama domain blog anda.
  2. Blog Tittle sebaiknya jangan terlalu panjang, kalau bisa unik dan menarik.
  3. Blog Tittle nantinya akan menjadi hal yang pertama kali dibaca oleh Search Engine.
  4. Tagline bisa diisi dengan semacam motto atau slogan blog anda.
Reading Setting
Selanjutnya Reading Setting, berikut ini beberapa yang perlu diperhatikan pada reading setting :
  1. “Blog pages show at most” adalah jumlah post yang akan ditampilkan pada halaman Home (utama).
  2. “Syndication feeds show the most recent” adalah jumlah post yang akan ditampilkan pada RSS Reader.
  3. “For each article in a feed, show” adalah pilihan apakah tulisan yang ditampilkan pada RSS Reader adalah keseluruhan (Full text) atau ringkasan (Summary). Saya lebih suka dengan Summary, jadi jika pembaca membaca lebih lanjut, dia akan membuka halaman blog kita. Jika anda belum mengerti apa itu RSS Reader dan RSS Feed, silahkan tanya dulu Mbah Google.
Discussion Setting
Pada menu Discussion Setting, secara default sudah bagus, tapi hanya satu yang mungkin perlu anda ubah, yaitu hilangkan tanda rumput (centang) pada “Comment author must have a previously approved comment”. Artinya seseorang yang baru pertama kali berkunjung dan berkomentar di blog anda tidak perlu menunggu moderasi dari anda. Ini akan membuat mereka lebih nyaman dan suka berkunjung. Bagaimana dengan spam? Tenang saja karena sudah ada plugin Akismet.
Permalink Setting
Setting ini hanya ada pada blog self hosted (domain dan hosting sendiri). Setting permalink sangat berguna dalam hal SEO. Secara default setting permalink masih terpilih Default, untuk hasil SEO terbaik silahkan gunakan Custom Structure, masukkan kode /%postname%/ pada isian Custom Structure. Sebagai catatan, saya beberapa kali masih melihat blog wordpress yang menggunakan setting permalink Default, jadi alamat post masih seperti http://imadewira.com/?p=123.
Setelah melakukan setting awal diatas pada blog wordpress anda, anda bisa mulai dengan menulis post dan mulai ngeblog…

Posting Komentar

blogging tidak ubahnya dunia offline, banyak hal yang harus anda pahami. jangan menerima suatu informasi dengan apa adanya. blogger yang maju selalu kritis terhadap apapun,,,salah satu caranya dengan berkomentar..